Minggu, 21 April 2013

Deskripsi


Nama                   : Mala Nopita Sari
Nim            : 2011070012
Jurusan     : Sastra Indonesia
Tugas Deskripsi


TEMAN KECILKU

Sewaktu aku tinggal di Kota Depok, daerah Cimanggis tepatnya, dan disaat aku berumur 7 tahun aku mempunyai teman kecil yang selalu menemani ku bermain. Yan Indira Kumala Murti namanya, dia akrab dipanggil “Ira”. Rumah ku dan Ira saling berdekatan, hanya tembok lah yang membatasi rumah kami. Ira adalah seorang gadis kecil yang berkulitkan hitam manis. Di waktu siang tiba Ira pasti sudah ada di depan rumahku dan ia akan meneriakan kata “mala, maen yuk?, kata itu tidak akan pernah aku lupakan, karena Ira selalu memanggilku dengan suara khasnya yang cerewet dan bawel itu.
Aku dan teman kecilku ini sama-sama murid kelas satu di SD Negri Tugu 8, kami duduk sebangku. Sewaktu jam pelajaran kami sering di tegor oleh Ibu Yuli (Ibu Guru kami) karena kami selalu mengobrol disaat Ibu Yuli menjelaskan dan disaat itu juga kami selalu terdiam penuh penyesalan. Aku dan Ira memang tidak terpisahkan. Kami selalu bersama di saat istirahat, bermain, sampai mengerjakan tugas pun bersama. Tetapi disaat kami bersamaan itu, jangan di kira kami tidak pernah bertengkar. Pernah aku dan dia bertengkar hanya karna kami memperebutkan boneka yang dipinjamkan oleh Endah teman ku yang lain, Ira sangat antusias memainkan boneka itu sampai-sampai ia tidak ingin berbagi dengan ku. Aku sempat sedih dengan sifat Ira itu tetapi tidak beberapa lama Ira menghampiriku dan meminta maaf kepadaku tentang sifatnya itu dan kami saling menggaitkan kelingking kami disertai dengan pelukan dan kata saling memaafkan.
Di waktu malam hari Ira selalu memintaku untuk menemaninya sampai larut malam hanya untuk menunggu Ayah dan Ibu nya pulang kerja. Ayah dan Ibu nya adalah seorang pegawai di salah satu pabrik di daerah dekat rumah kami. Aku sangat tidak keberatan untuk menemaninya karena di saat malam itu kami selalu tidur-tiduran di depan teras rumahnya sambil melihat ke langit dan memandang bintang-bintang yang sangat luar biasa indahnya pada malam itu, mata kami rasanya tidak ingin bergerak kemana-mana selain melihat keindahan bintang-bintang itu.
Aku dan Ira teman kecilku ini pernah membuat janji agar kita selalu bersama-sama sampai kita dewasa nanti dan untuk kesekian kalinya kita sama-sama menggaitkan jari kelingking kita untuk saling berjanji satu sama lain, tetapi janji itu hanyalah sepenggal kata yang tidak bisa aku tepati. Disaat aku kls 2 SMP keluargaku memilih untuk pindah rumah di daerah Tangerang, dan disaat aku memberi tahu kabar ini kepadanya seketika itu pula kami saling berpelukan dan meneteskan air mata. Aku sempat mengucapkan kata maaf kepadanya karena aku tidak bisa menepati janji yang telah kita buat. Tetapi aku sempat berkata kepadanya bahwa setiap hari-hari yang kita lewati bersama tidak akan aku lupakan sampai kapan pun.
 Aku dan Ira tidak pernah putus komunikasi sampai saat ini dan disaat aku libur pun, aku selalu menyempatkan diri untuk main ke rumahnya. Disaat kami bertemu, kami selalu bercerita tentang kejadian sewaktu kami kecil dulu dan tidak jarang kami selalu tertawa jika membahas tingkah laku dan kepolosan kami sewaktu kecil.
Ira yang sekarang terlihat berbeda dengan Ira sewaktu kecil dulu, sekarang Ira terlihat lebih cantik dan cara berfikir yang bertambah dewasa tentunya, tetapi tetap saja jidatnya yang sedikit lebar itu tidak akan hilang dari pandanganku (hahaha). Sifat Ira pun masih sama seperti dulu, setiap kali kita bertemu ia selalu terbuka dan menceritakan semua hal yang terjadi padanya. Termasuk saol “pacar” ya pacar tentunya, kami memang sama-sama sudah dewasa dan pasti masalah pacar itu tidak akan tertinggal di setiap obrolan yang kami bahas.
 Ira sekarang kuliah di Jurusan Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Prof DR. Hamka (UHAMKA) di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Walaupun Ira sekarang sudah menjadi gadis dewasa berumur 19 tahun, tetapi tetap saja Ira yang ku kenal di saat umur 7 tahun dan di bangku kelas satu SD itu akan tetap menjadi Ira teman kecilku yang selalu menemani hari-hari indah di waktu kecil dulu dan keindahan itu pasti tidak akan aku lupakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar